Weh! Lezatnya Sate Gurita di Sabang!

oleh:   pada: 2 May 2013
Tags: , ,

Kategori: Jelajah Gizi


Octopus atau yang dikenal dengan Gurita mudah ditemukan di perairan Sabang dan Pulau Aceh, Aceh. Umumnya, nelayan menangkap hewan berkaki 8 itu dengan cara menembaknya dengan menggunakan senjata besi atau menangkapnya dengan jaring. Hewan ini biasa ditemukan di perairan dangkal dan berbatu karang. Selain terkenal memiliki kecerdasan dan pintar mengelabui musuhnya dengan berubah warnanya, ternyata Gurita juga terkenal dengan kelezatannya. Di Sabang terkenal dengan Sate Guritanya.

Satu ekor Gurita menyimpan beberapa zat yang berguna bagi tubuh. Diantaranya adalah Niasin yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol dan mencegah serangan jantung, Vitamin  B 12 yang berguna untuk mengatur fungsi otak, sistem saraf dan pembentukan darah, Potasium, fosfor serta selenium. Sedangkan kandungan Gizinya dalam 100 Gram daging Gurita terdiri dari ;  
Lemak(gr) : 1,24
Karbohidrat(gr) : 2,20
Protein (gr) : 14,91
Kalori(gr) : 82
 
Untuk membuat Sate Gurita tidak terlalu sulit, tapi tidak semua orang bisa membuat empuk daging si hewan berkaki delapan ini. Berikut tipsnya membuat Sate Gurita, Gurita direbus secara utuh hingga empuk, kemudian daging gurita yang sudah empuk dipotong kecil-kecil dan kemudian ditusuk-tusuk dengan lidi, siap untuk dibakar.

 

 
Sate Gurita yang sudah dibakar dengan arang hingga matangnya merata. Bumbu Sate Gurita di Sabang sendiri ada 2 macam, Bumbu Kacang atau yang sering disebut juga bumbu jawa terdiri dari kacang tanah, kecap, bawang merah dan bawang putih, garam, cabe rawit. Sedangkan satu lagi bumbu Padang yang terdiri dari racikan bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, kunyit, sereh, dan bumbu-bumbu lainnya yang dimasak bersama kaldu sapi, kemudian dikentalkan dengan tepung beras.
 
Sate Gurita Bumbu Padang
Sate Gurita Bumbu Jawa
Selain lezat, Sate Gurita di Sabang digemari karena memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi. Untuk satu porsi kita cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 10.000 saja.
 
Tertarik? Biarpun kamu sudah bisa membuat sendiri, jangan lewatkan kesempatan mencicipi makanan khas ini langsung di Sabang ya! Ada banyak lagi masakan lezat lainnya di Aceh. Aku yakin di daerah pesisir Indonesia lainnya ada masakan lezat seperti Sate Gurita di Sabang. Jadi ngga sabaran ingin mencicipi makanan khas Kepulauan Seribu. Semoga bisa ikutan menjadi Petualang Jelajah Gizi 2. Amin… :D

Mohon doanya ya Piyohlovers…

Salam Love, Piyoh and Gaul :)

Artikel Terkait

10 Responses to “Weh! Lezatnya Sate Gurita di Sabang!”

  1. Nutrisi Bangsa says:

    Nyaaaam… Enaknyaaaa… :)
    jangan lupa kirim data lagi yaaa… dan pasang poster lomba blognya :)

  2. siaap…oh iya, yang disini ga bisa diedit lagi ya postingannya? hehe, maklum kurang awam. yang di blog sendiri udah dipasang posternya :)

  3. mehdia says:

    Wuaaaa..ini kuliner yang belom sempat kudapatkan pas di sana, cuma keturutan mie jalak aja :( Culik aku bang..culik aku ke sabang lagi :D

  4. itu yang sate gurita bumbu padang nya enak >< jadi pengen :D

Leave a Reply

JUL

17

Buka Puasa Bersama Sarihusada

The Cone, Fx Plaza, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta.

Dalam rangka mempererat hubungan Sarihusada dengan mitra media dan blogger guna melanjutkan program u…more

Lupa Password ?Register
GABUNG YUK
Stay connected