Tempoyak Ikan Patin Jambi

oleh:   pada: 29 Apr 2013
Tags: , ,

Kategori: Jelajah Gizi


Mimi bukan asli Jambi, Orang tua dua-duanya berasal dari Lampung, Tapi saya lahir dan besar di Jambi hingga sekarang. Mimi juga ga seberapa bisa masak, dari berbagai masakan khas Jambi yang pernah Ibu saya ajarkan, satu-satunya resep yang bisa saya ingat hanya Tempoyak Ikan Patin ini… hehe
Karena cara masak yang gampang, murah meriah, dan semua bumbu gampang di dapat, dan satu yang penting, bahan utama Ikan Patin merupakan hasil budidaya rata-rata warga Seberang ( salah satu daerah yang ditinggali warga asli Jambi ), so pasti harganya murah banget. :D
Dan pasti sudah pada tau juga kan, selain Duku bahwa Durian Jambi itu terkenal manis, gede, dan isinya tebal. Makanya Hasil produksi Tempoyak pun dijamin punya kualitas baik dan enak yang mempunyai aroma yang khas .

SEJARAH TEMPOYAK
Tempoyak diriwayatkan dalam Hikayat Abdullah sebagai makanan sehari-hari pendudukTerengganu. Ketika Abdullah bin Abdulkadir Munsyi berkunjung ke Terengganu (sekitar tahun 1836), ia mengatakan bahwa salah satu makanan kegemaran penduduk setempat adalah tempoyak. Berdasarkan sejarah yang ada dalam Hikayat Abdullah, tempoyak merupakan makanan khas rumpun bangsa Melayu, yaitu Indonesia (antara lain Palembang, Lampung dan Kalimantan) dan Malaysia.

Tempoyak terbuat dari Durian yang sudah masak difermentasikan .
Setelah itu berikan sedikit garam. Setelah selesai, ditambahkan dengan cabe rawit. Penambahan cabe rawit ini bertujuan untuk mempercepat proses fermentasi dari daging durian. Tetapi, proses fermentasi tidak dapat berlangsung lama karena akan mempengaruhi rasa akhir dari tempoyak tersebut.
Setelah selesai, adonan dari tempoyak jangan disimpan disuhu ruang loooh….

Sebaiknya, adonan disimpan dalam tempat yang tertutup rapat dan disimpan pada kulkas atau pada suhu dingin untuk menghambat proses fermentasi dari tempoyak, agar rasa dan aromanya terjaga.

Untuk menciptakan Tempoyak yang baik haruslah dari buah durian yang baik pula atau durian yang memiliki rasa yang manis. Rasa dari buah durian amat menentukan kualitas tempoyak itu sendiri , jadi kalau ingin rasa tempoyaknya enak ya harus membuatnya dari buah durian yang enak pula. Tapi sayang, beberapa penjual iseng sering sekali menambahkan tape atau pisang ke dalam campuran tempoyak biar hasilnya lebih banyak dan ini sangat merubah cita rasa tempoyak itu sendiri, perbedaan tempoyak asli dengan yang sudah tercampur bahan lain adalah, tempoyak asli rasanya sedikit asam tapi lebih banyak manisnya, beda dengan yang campuran, rasa tempoyak sangat asam dan berserat.

Oke deh sebelum Mimi uraikan kandungan Nutrisi apa aja sih di dalam Ikan Patin dan Tempoyak itu, Mau kan Mimi kasi resep andalan Tempoyak Ikan Patin dari Ibu Mimi ?? #bagi yang suka Tempoyak loh yaaa

RESEP TEMPOYAK IKAN PATIN
ala CHEF Angelina Jolie/Mimi :)

Bahan :
1. 1 kg Ikan Patin, bersihkan , potong-potong, beri perasan jeruk nipis dan sedikit garam
2. 150 gr [ atau sesuai selera ] Tempoyak
3. 1 batang serai, memarkan
4. 2 cm Lengkuas, memarkan
5. Gula seujung sendok teh
6. garam sesuai selera
7. 700L air

Bumbu yang di haluskan :
Karena di rumah penyuka pedas, jadi takaran cabe merah dan cabe Rawit jadi andalan masakan ini
1. cabe merah 5 buah
2. cabe rawit 10 buah
3. 3 cm kunyit
4. 3 cm jahe

CARA MEMBUAT

1. Campur bumbu halus dan bahan lainnya kecuali ikan, gram, gula pasir . masak sampai mendidih.
2. Masukkan ikan, garam, dan gula pasir. masak sampai ikan matang.sajikan.
___________________________________________________________________
Yaelah, mudah banget kan ya ! makanya Saya suka masak ini di rumah, terkendala waktu kalo masak yang ribet-ribet, dan bersyukur seisi rumah doyan banget Tempoyak Ikan Patin ini.

Sekarang pengen tau deh Kandungan Gizi dan nutrisi apa aja sih yang di miliki Ikan Patin dan Tempoyak ini, mari kita simak yaaa :

Bagi kesehatan Ikan Patin memiliki kandungan lemak lebih rendah dibanding ikan jenis lain, terutama dua asam lemak esensial DHA yaitu kira-kira sebesar 4,74 % dan EPA yaitu kira-kira sebesar 0,31 %. Kedua jenis omega-3 asam lemak ini biasanya dihasilkan dari jenis ikan yang hidup di air dingin seperti ikan salmo, ikan tuna, dan ikan sarden. Kadar lemak total yang terkandung dalam daging ikan patin adalah sebesar 2,55 % sampai dengan 3,42 %, dimana asam lemak tak jenuh nya adalah di atas 50 %. Asam oleat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang paling banyak terkandung di dalam daging ikan patin yaitu sebesar 8,43 %.

Berdasarkan hasil dari penelitian, kandungan gizi di dalam ikan patin yang berupa lemak tak jenuh (USFA sebesar 50 %) sangatlah bagus untuk mencegah terjadinya resiko penyakit Kardiovaskular. Lemak tak jenuh juga bermanfaat untuk menurunkan besarnya kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang terkandung di dalam darah sehingga dapat mencegah dan mengurangi terkena penyakit jantung koroner.

Jika di lihat dari rendahnya kadar kolesterol yang terkandung dalam daging ikan patin ( 21-39mg/100 gram), maka manfaat ikan patin sangatlah bagus bagi anda yang sedang menjalankan program diet karena bisa mengurangi asupan kolesterol harian di dalam menu makanan anda.

Sementara itu Tempoyak juga punya banyak nutrisi baik untuk kesehatan,
Tempoyak Durian mengandung energi sebesar 142 kilokalori, protein 2,7 gram, karbohidrat 22,7 gram, lemak 4,6 gram, kalsium 190 miligram, fosfor 45 miligram, dan zat besi 2,9 miligram. Selain itu di dalam Tempoyak Durian juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,16 miligram dan vitamin C 1 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Tempoyak Durian, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Waduh, banyak juga ya kandungan Nutrisi dari masakan ini, semoga teman-teman lain berminat nyoba ??? :D

Artikel Terkait

Leave a Reply


2 + = 11

 

JUL

17

Buka Puasa Bersama Sarihusada

The Cone, Fx Plaza, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta.

Dalam rangka mempererat hubungan Sarihusada dengan mitra media dan blogger guna melanjutkan program u…more

Lupa Password ?Register
GABUNG YUK
Stay connected