“TAKE And GIVE” BAGI BUNDA

oleh:   pada: 14 Mar 2012
Tags: ,

Kategori: Kehamilan


Sebagian besar orang sudah mengenal dengan kata Take and Give, dan sudah tidak asing lagi mendengar kata tersebut. Makna dari kedua kata tersebut mengartikan Mengambil dan lalu Memberi. Terus apa hubungan Take and Give Bagi Bunda?? Inilah yang menjadi judul tulisan  saya kali ini. Pada awalnya saya berfikir sebatas Take and Give pada umumnya. Akan tetapi saya mencoba menghubungkan Take and Give Bagi Bunda. Dan yang perlu diketahui sebenarnya bahwa Take and Give disini bukan maksud dalam kata tersebut,akan tetapi saya mengartikan Take and Give dalam arti setiap hurufnya.  Take, saya mengartikan sebagai  perpanjangan  dari Terapan Asupan Konsumsi Efektif, kemudian Give sendiri adalah Gaya Hidup Variatif Efektif. Kemudian hal apa yang termasuk kedalam TAKE and Give ???

Take Atau Terapan Asupan Konsumsi Efektif  merupakan suatu upaya atau cara berkonsumsi bagi seorang bunda dalam memenuhi asupan Gizi dan Nutrisi penting bagi bunda. Dalam memenuhi asupan gizi dan nutrisi seorang bunda harus memenuhi TAKE, seperti : Kalori,Vitamin,Asam Folat,Kalsium dan Zat Besi.

  • Kalori

Semua manusia membutuhan yang namanya cukup akan Kalori. Terebih lagi bagi seorang bunda yang mengandung. Bahkan asupan kalori yang dibutuhkan bunda yang sedang mengandung lebih banyak dari sebelum mengandung. Hal ini terjadi karena asupan kalori dalam tubuh si Bunda terbagi untuk dirinya sendiri dan untuk calon bayinya. Etss.. tapi terkadang seorang bunda melupakan hal yang penting yaitu kebutuhan yang efektif dan seimbang. Bunda yang mengandung terkadang mengkonsumsi kalori dalam per hari sangatalah berlebih dan alih-alih menginginkan akan asupan gizi yang cukup malah menjadi oversize. Inilah yang mengakibatkan masalah bagi si bunda dan calon bayinya. Disadari atau tidak dampak berlebihan ini akan mengakibatkan obesitas bagi si calon bayi.

  • Vitamin

Take selanjutnya Vitamin. Vitamin merupakan salah satu zat yang dibutuhkan dalam memenuhi nutrisi dalam tubuh. Terutama, kebutuhan ini sangat dibutuhkan oleh bunda yang mengandung dalam perkembangan calon bayinya. Vitamin ini juga dapat ditemukan dalam buah-buahan yang berwarna cerah, serta sayur-sayuran yang berwarna hijau. Jadi asupan Vitamin juga jangan sampai terlupakan oleh Bunda.

  • Asam Folat

Kebutuhan akan Asam folat pada masa mengandung sangat penting. Zat asam folat ini merupakan salah satu zat yang berguna bagi bunda. Salah satu manfaat dari asam folat yakni berguna akan meminimalkan  lahir bayi cacat. Haru diketahui zat ini yang terkadang dilupakan oleh seorang bunda. Tahukah bunda bahwa zat ini berasal dari sayuran yang berwana hijau, ikan, kacang-kacangan  serta buah-buahan yang berwarna cerah.

  • Kalsium

Take selanjutnya adalah Kalisum. Kalsium bagi bunda sangatlah berperan penting, karena dengan kalisum membantu terhadap perkembangan janin sang bunda. jadi, bunda harus cukup akan kalsium supaya janin dalam rahimnya berkembang dengan sehat dan sempurna. Kalsium ini banyak terdapat pada kacang-kacangan, susu , yougurt serta keju. Ok bunda, mari kita perbaiki kecukupan  akan kalsium, supaya bayi bunda terlahir dengan baik. Bagi bunda yang tidak menyukai akan semua itu bisa dicampur atau membuat olahan yang lain yang mengandung kalsium supaya Bunda merasa enak jika di konsumsi.  

  • Zat Besi

Selanjutnya adalah Zat besi. Zat besi merupakan zat yang bukan hanya berguna dalam pengobatan penyakit anemia. Akan tetapi,zat ini  berguna bagi bunda yang sedang mengandung dan zat ini tidak kalah penting di antara zat lain yang dibutuhkan Bagi Bunda. Tahukah Bunda? Zat ini bermanfaat dalam perkembangan sistem syaraf serta perkembangan metabolisme kognitif dan motorik calon bayi. jadi jangan menganggap remeh kekurangan zat besi. Mari Bunda mengkonsumsi akan zat besi yang cukup dan seimbang, supaya kita sehat dan calon bayi kita pun sehat dan sempurna. Zat  besi sendiri terdapat dari daging merah, ikan, kentang dan lain-lain. 

 

Itulah Take atau Terapan Asupan Konsumsi Efektif. Kemudian bagaimana dengan Give?? Give atau Gaya Hidup Variatif Efektif merupakan suatu gaya hidup sehat supaya terjaganya suatu kondisi tubuh dan tetap dalam kondisi optimal. Dalam menjaga kondisi tubuh tetap optimal dibutuhkan Give, yakni :

  • Give Dengan Olahraga

Give yang pertama adalah olaharaga. Olahraga merupakan suatu faktor yang amat penting dalam menjaga kebugaran tubuh. Terlebih bagi seorang bunda yang mengandung sangat dianjurkan untuk berolahraga. Olahraga ini juga membuat aliran darah dalam tubuh Bunda menjadi lebih optimal dan sekaligus membuat jantung memompa lebih efektif. Olahraga ini banyak macam bagi bunda, tetapi ada olaharaga yang cocok bagi bunda yakni seperti joging, dan renang. Mari bunda untuk berolahraga baik pagi atau sore hari supaya badan bunda bugar dan aliran darah menjadi lebih optimal.

  • Give Dengan Mengurangi Stress

Mengurangi stress, apa hubungannya?? Terkadang hal ini yang terlupakan juga oleh seorang Bunda yang sedang Mengandung. Di ketahui atau tidak, akibat stress ini berdampak buruk juga bagi calon bayi Bunda. karena dengan si Bunda dengan traffic stress terlalu berlebih bisa mengakibatkan mood yang kurang baik bagi si Bunda. Contoh kecil dari stress ini,bunda akan kehilangan nafsu makan atau kurangnya mengkonsumsi makanan yang penting bagi bunda. Inilah yang menjadi masalah, karena asupan yang di konsumsi akan berkurang dan ini pastinya akan menghambat perkembangan calon bayi. Jadi jangan terlalu stress bunda dan jaga Pola makan bunda dan mood Bunda.

  • Give Dengan Menjauhi Larangan Dalam Kondisi Hamil

Bepenampilan gaya itu biasa Bunda,bagaimana dengan Berpenampian Bunda yang Sehat tapi Gaya?Bagaimana caranya?? Cara yang paling efektif tapi gaya adalah ketika seorang bunda sehat dan fresh. Untuk menjaga Bunda tetap sehat dan bugar yakni dengan olahraga. Akan tetapi itu saja tidaklah cukup. Seorang bunda juga harus busa memilah dan memilih mana yang baik bagi dirinya dan calon bayinya. hal-hal yang harus di hindari atau di jauhkan yaitu seperti yang namanya merokok dan alkohol. Terkadang seorang Bunda yang mengandung terlupakan dalam hal ini. Kebiasan mereka sebelum mengandung suka mengkonsumsi  Rokok dan Alkohol. Dan kebiasan itu masih menjadi kebiasaan Bunda,walaupun Bunda mengerti akan dampak dari kedua hal itu. jadi Bunda ingat, jika bunda membiasakan hal itu akan mempengaruhi perkembangan calo bayi Bunda. Mari kita tinggalkan hal itu demi kesehatan calon bayi Bunda.

Marilah kita terapkan Take and Give  Bagi Bunda. Dan ingat bunda, kesehatan calon bayi kita tergantung Bunda. Jika Bunda asupan dan Gaya hidup yang baik dan sehat,maka otomatis Calon Bayi Bunda akan tetap sehat dan sempurana. Etss.. jangan hanya Bunda saja yang berperan penting disini. Akan tetapi Suamu juga Siaga dan selalu mendukung akan kesehatan dan pola makan Bunda.

 

Bunda Sehat Akupun Sehat…!!!

 

Terima kasih dan semoga bermanfaat tulisan Take and Give Bagi Bunda.

Artikel Terkait

Leave a Reply


+ 8 = 14

 

JUL

17

Buka Puasa Bersama Sarihusada

The Cone, Fx Plaza, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta.

Dalam rangka mempererat hubungan Sarihusada dengan mitra media dan blogger guna melanjutkan program u…more

Lupa Password ?Register
GABUNG YUK
Stay connected