Kuis: Kiat Menghadapi Gangguan Pada Trimester Pertama Kehamilan

oleh:   pada: 31 Aug 2012
Tags: , , ,

Kategori: Kehamilan


Adakah di antara sahabat nutrisi yang sedang menjalani kehamilan, terutama kehamilan trimester pertama?

Banyak Bunda yang merasakan gangguan-gangguan selama kehamilan 3 bulan pertama. Rasa mual, muntah-muntah, badan lemas dan sebagainya rajin menyambangi periode ini. Sehingga, tidak sedikit juga yang mengira telah mengalami kekuranga gizi. Padahal trimester pertama ini merupakan periode penting pembentukan sekaligus perkembangan pesat dari semua sistem dan organ tubuh bayi.

Pada kesempatan ini, kami mengajak sahabat nutrisi untuk berbagi kiat, tips-tips, maupun resep sehat untuk menghadapi ketidaknyamanan kehamilan pada trimester pertama ini, juga menjaga agar calon bunda tetap bugar.

Tips-tips, kiat maupun resep sehat ini dapat sahabat tuliskan sebagai comment di website Nutrisi Untuk Bangsa ini. Tentunya dengan menjadi member website terlebih dahulu.

Kami tunggu tulisan sahabat nutrisi sampai dengan hari Minggu, 2 September 2012, pukul 12 siang.

Ada hadiah berupa gimmick menarik dari Nutrisi untuk Bangsa bagi 2 orang pemenang, lho. Dan setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu tulisan.

Jangan lupa me-like FB Page Nutrisi Untuk Bangsa dan mem-follow account Twitter @Nutrisi_Bangsa ya.

Artikel Terkait

22 Responses to “Kuis: Kiat Menghadapi Gangguan Pada Trimester Pertama Kehamilan”

  1. itha ferawati says:

    pada bln pertama – ketiga memang masa2 tersulit dalam kehamilan. nah paling banyak yang dialami adalah rasa mual dan sll ingin muntah. tips nya agar tetap sehat adalah perbanyak minum air putih, berbanyak makan buah2han agar nutrisi ibu dan bayi tetap terjaga, karna biasanya kalo mengkonsumsi buah yang segar2 akan mengurangi rasa mual. jangan lupa konsumsi vitamin buat ibu hamil, biar anak terlahit selamat dan ibu tetap sehat

  2. endini says:

    wah..senangnya bila dokter mengatakan bahwa anda hamill…selamat ya para calon ibu2 muda…disini saya ingin berbagi beberapa tips atau kiat ketika saya hamil anak 1 atau ke 2..mudah2an bermanfaat ya…trisemester pertama kehamilan adalah masa2 yang sangat tidak nyaman..itu wajar bunda..karena adanya peningkatan hormonal di tubuh kita,..ini beberapa ketidak nyamanan/ keluhan & perubahan yang biasanya terjadi pada awal kehamilan :
    1. Mual & muntah (morning sickness)
    tiap orang berbeda tingkat derajat rasa mualnya, rasa mual biasanya terjadi bila perut kosong, makan makanan tertentu, atau mencium bau2 tertentu..
    tipsnya : – makan dengan porsi sedikit tapi sering, makan makanan yang tinggi karbohidrat dpt mengatasi rasa mual seperti; kentang, ubi, singkong, talas, roti dll – jangan makan makanan yang pedas, berminyak karena akan memperburuk rasa mual . – konsumsi vit B6, alpukat, pisang, dll (konsultasi dokter), vit B6 dapat mengurangi rasa mual. -minum jus2 buah yang segar2 atau minum air jahe hangat, (dapat juga permen jahe atau biskuit rasa jahe)sangat membantu bunda.. – hindari bau2an atau makanan yang memancing rasa mual ya..- berusaha rilex, minta bantuan suami untuk memijit ringan bagian kaki, tangan dan pundak…

    2. Konstipasi / sembelit
    ini biasa terjadi bunda…ada pengaruh dari tablet zat besi (iron) yang diberikan dokter dapat menyebabkan susah BAB dan lagi2 pengaruh hormonal tadi…tipsnya, banyak2 makan makanan yang berserat, sayur2an dan buah2an dan minum air yang cukup

    3.Pusing, mudah lelah, mengantuk
    untuk mengatasi rasa pusing cobalah minum cairan elektrolit, cobalah rilex dan istirahat yang cukup..

    4. Meludah
    duuuhh..keluhan yang satu ini bisa bikin senewen hehehe..tapi ini juga wajar bunda..biasanya saya mengisap permen mint atau permen2 rasa buah…manjur juga untuk mengurangi keinginan meludah ..apalagi bila ada ditempat umum..

    Diawal kehamilan ini, tidak disarankan bunda untuk mengurangi asupan makanan, walaupun rasa mual, pusing, lelah dll menerpa…karena pada awal2 kehamilan..janin sedang dalam pembentukan jaringan tubuh..jadi demi anak yang kita kandung..makan makanan yang bergizi & bernutrisi walaupun kita tidak suka..jauhi pantangan pada saat hamil : kafein, alkohol, rokok, jamu2an & makan2an yang tidak masak betul…

    MUDAH2AN BERMANFAAT YA BUN……

  3. tikabanget says:

    Jadi dulu waktu hamil 3 bulan pertama, ada tips dari temen Ibu begini.
    Buat yang sering mual-mual dan rawan muntah (morning sickness) sehari-harinya, coba rajin minum teh tawar panas tiap pagi.
    Teh tawar panas ini harus diminum ketika bangun tidur, SEBELUM kepala dan badan diangkat duduk tegak.
    Menurut temen Ibu, tips ini bener-bener meredakan gejala mual-mual yang dialami dia.
    Dan waktu aku coba, emang sukses abis.

    Tips lain, tiap pagi coba disiplin ambil 10 menit aja untuk latihan pernapasan, atau yoga, atau senam tai chi ringan.
    Badan jadi segar, pegal-pegal di pinggang dan tubuh lumayan mereda, dan mood selama 3 bulan pertama terjaga. :)

  4. sulami says:

    menjalani trimester pertama memang bukanlah hal yang mudah, rasa mual yang datang setiap saat, pusing, bahkan muntah-muntah. Syukurlah, saya bisa melewatinya dengan baik. Tips saya adalah sering-sering minum air putih, agar badan tetap segar dan tidak mudah pusing. Istirahatlah yang cukup. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan segar. Bila tidak doyan mengkonsumsi nasi, anda bisa menggantinya dengan ubi rebus atau kentang rebus untuk asupan karbohidrat di tubuh supaya ada tenaga. Untuk masalah BAB yang jadi sembelit, itu bisa diatasi dengan rutin konsumsi buah dan sayur hijau. Untuk kehamilan 3 bulan pertama ini, anda harus istirahat dan jangan sampai kelelahan. Karena memang dalam masa-masa ini tubuh akan ngedrop sekali. Untuk itu, jagalah buah hati anda sebaik mungkin, dengan menjaga asupan makan dan minum anda untuk kesehatan ibu dan buah hati di dalam perut. Semoga tips saya bermanfaat:)

  5. LYDIA A. says:

    TIPS :
    - SERING MAKAN PERMEN
    -MINUM SUSU IBU HAMIL YANG SESUAI USIA KEHAMILAN
    -MAKAN SEAFOOD
    -BANYAK MAKAN TEMPE DAN TAHU
    -BANYAK DUDUK DI TERAS RUMAH/DI TEMPAT TERBUKA AGAR TERKENA ANGIN UNTUK MENGHILANGKAN RASA MUAL
    -MILIKI KESIBUKAN
    - ENJOY

  6. Nurlaila says:

    Pada saat Saya hamil duch mak lumayan berat perjuangan untuk melewati trimester pertama apalagi Saya di minggu ke 8 kehamilan mengalami pendarahan di karenakan hub seks ^_^ akhirnya selama 2 minggu saya tidak boleh melakukan ktivitas yang berat.. setelah melewati masa pendarahan masuklah masa mual atawa bahasa kerennya morning siknes.. jadi Tips Saya untuk bunda2 yang lagi hamil muda..
    1 Hindari Hub seks yang terlalu bersemangat karena kita tidak tahu bagaimana kondisi Rahim kita palagi untuk minggu-minggu awal.
    2. selalu siapkan buah-buahan dan makanan ringan untuk tengah malam karena kadang tengah malem suka laper
    3. untuk mredakan mual di pagi hari atasi rasa mual dan muntah tersebut, yaitu:
    *Makanlah sedikit sedikit tetapi sering
    *Usahakan makan roti dan minum air hangat bangun tidur pagi
    *Perbanyak makan makanan yang mengandung karbohidrat, seperti, umbi-umbian, singkong, kentang, roti, biskuit dan lain sebagainya
    *Mengkonsumsi buah dan sayur segar dapat mengurangi rasa mual dan memperlancar pencernaan pada ibu hamil muda
    * Mengkonsumsi makanan pedas atau asam, tetapi jangan berlebihan karena dapat menimbulkan akibat yang tidak di inginkan
    * Minum susu untuk ibu hamil yang memiliki kandungan anti mual agar dapat mengurangi rasa mual
    * Cukupi asupan vitamin B6 untuk mengurangi mual, namun gunakan dengan dosis yang tepat dan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan anda.
    * Gunakan aroma terapi dan pijat relaksasi
    * Hindari pemicu mual, seperti asap rokok, bau bawang, atau parfum yang berbau tajam
    * Mengkonsumsi jahe, dapat dikunyah langsung atau dibuat minuman
    * Istirahat dengan cukup, dapat mengurangi rasa mual dan muntah.
    sekian tips dari Saya semoga bermanfaat.. ^_^

  7. Nurlaila says:

    Satu lagi selalu brdoa dan jangan MALES… kehamilan harus di bawa Enjoy dan bahagia jadi jangan jadikan mual dan lain2 sebagai kesulitan tapi jadikanlah sebagai Anugrah dengan begitu kita kan melalui kehamilan dengan nyaman dan Indah ^_^

  8. Rini says:

    Hamil memang suatu hal yang membahagiakan terutama bagi bunda yang hamil buah hati pertama. Akan tetapi bagi bunda yang hamil buah hati pertama tentu deg-degan dan serba takut menjalani masa-masa kehamilannya. Ini memang hal yang wajar, karena semua ibu tentu menginginkan yang terbaik bagi calon buah hatinya. Pada trimester pertama kehamilan, ibu tentu akan mengalami banyak hal yang baru dan menurut saya inilah keistimewaan dari seorang ibu yang sedang mengandung. Saya ada beberapa tips dan kiat-kiat, agar kehamilan bunda dapat berjalan lancar dan dapat melahirkan buah hati bunda tepat pada waktunya serta lancar tanpa hambatan apapun:

    1. Biasakan tetap olahraga pagi.
    Olahraga disini jangan dimaksudkan olahraga yang berat. Jadi bunda bisa hanya dengan jalan-jalan keliling kompleks dan menghirup udara pagi yang segar. Usahakan ditemani dengan sang ayah juga biar acara jalan paginya semakin seru. Apabila bunda merasa masih kurang, bunda bisa ikut senam khusus ibu hamil. Tapi ingat jangan dipaksakan.

    2. Mual atau Muntah (Morning Sickness)
    Intensitas dan kapasitas masing-masing bunda tentu berbeda dengan yang satu ini. Bersyukurlah bagi bunda yang tidak mengalami ini secara berlebihan. Akan tetapi, apabila bunda mengalaminya maka bunda harus jitu mengetahui penyebab mual tersebut. Seperti bau wewangian atau sebagainya, maka bunda harus menghindarinya. Untuk mengganti asupan tang terbuang karena muntah, bunda biasakan sering-sering makan yah meski sedikit asalkan selalu yang bergizi dan jangan meninggalkan buah, sayur, dan susu.

    3. Mood berubah
    Ini hal yang begitu klasik, biasanya mood bunda sering berubah-ubah dan biasanya orang bilang sih bawaan bayi. Biasanya, segelas teh hangat dapat membuat mood kita baik dan bahkan menghilangkan rasa mual. Jadi wajib rutin nih minum teh asalkan kadar kemanisan tehnya tetap diatur ya. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa dan selalu mengingat Sang Pencipta. Karena yang ada di kandungan bunda juga titipan-Nya jadi harus dijaga dengan baik.

    4. Kondisi badan menurun
    Meski masih trimester pertama, ada baiknya dan sangat disarankan agar bunda rajin check up ke dokter agar bunda tahu perkembangan kandungan bunda. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

    5. Sering lelah dan mengantuk
    Untuk yang satu ini, ada baiknya bunda mengisi waktu kosong bunda dengan hal-hal yang menarik perhatian bunda. Seperti hunting foto perlengkapan bayi di majalah atau internet. Atau mungkin mencari referensi nama bagi calon si jabang bayi. Pasti rasa lelah dan mengantuk hilang dan berubah jadi rasa senang dan penasaran.

    Terima Kasih, Semoga tipsnya berguna bagi bunda semua. Cintai dan jaga kandungan sejak dini agar masa kehamilan dan persalinan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Senyum Semangat ya bunda :D

  9. Pada Trimester Kehamilan, calon ibu berusaha beradaptasi dengan perubahan dirinya, seperti mengalami morning sickness, payudara membesar, nafsu makan dan seks menurun dan lainnya.
    Agar calon ibu tetap relaks dan sehat, sebaiknya :
    1. Usahakan tetap makan teratur dalam porsi kecil, tetapi sering
    Makanan dapat menghindari terjadinya morning sickness dan merupakan asupan penting untukjanin
    2. Hindari makanan pemicu rasa mual
    Indera penciuman calon ibu sensitive terhadap bau2 makanan. Sebaiknya hindari memasak dan menyiapkan makanan jika baunya mengganggu.
    3. Banyak minum
    4. Hal ini membuat pencernaan bekerja lebih mudah dan tidak membuat perut terasa penuh. Selain air putih minumlah jus, susu atau sup di sela antara waktu makan.
    5. Istirahat yang cukup.
    6. Dapatkan banyak udara segar.
    7. Tidurlah dengan ventilasi yang baik dan lakukan jalan-jalan santai ringan di pagi hari. Jangan menghabiskan waktu hanya di dalam rumah, sesekali keluar untuk bersosialisasi dan mendapatkan udara segar.

  10. Nutrisi Bangsa says:

    Terima kasih banyak pada para Bunda yang telah memberikan tips dan kiat-kiat untuk mengatasi ketidaknyamanan kehamilan di trimester pertama…

    Masa trimester pertama memang sangat penting ya Bun… Bahkan sampai mood pun ikut naik turun. Padahal secara fisik juga terjadi perubahan, yang membuat tidak enak badan dan sebagainya…

    Sekarang, saatnya admin mengumumkan pemenangnya yaaaa… Bukan perkara gampang untuk memilih pemenang nih..

    Akan tetapi, setelah berunding, membaca, berunding lagi, dan lagi…
    Kami memutuskan yang kali ini mendapatkan 2 gimmick dari Sari Husada adalah Rini dan tikabanget.

    Kepada pemenang harap kirimkan data diri anda, nama, alamat, alamat email, username di web http://www.nutrisiuntukbangsa.org, nomor telepon dan nomor tanda pengenal ke admin@nutrisiuntukbangsa.org ya.

    Selamat!

    Untuk yang belum beruntung, ikuti terus web http://www.nutrisiuntukbangsa.org, twitter@Nutrisi_Bangsa dan FB fanpage Nutrisi Untuk Bangsa ya…

  11. Rini says:

    Alhamdulilah, Terima Kasih, Semoga Manfaat,
    Untuk pengiriman data diri maksudnya bagaimana ya? dimananya? makasih.

  12. Rini says:

    Sudah terkirim emailnya., apa sudah masuk dan benar? makasih

  13. Anonymous says:

    waaah.. baru nengok kesini lagi, ternyata menaaang.. tengkyuuuuu… :X

Leave a Reply


6 × 8 =

 

JUL

17

Buka Puasa Bersama Sarihusada

The Cone, Fx Plaza, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta.

Dalam rangka mempererat hubungan Sarihusada dengan mitra media dan blogger guna melanjutkan program u…more

Lupa Password ?Register
GABUNG YUK
Stay connected