Kesehatan Bunda Adalah Aset Utama Keluarga

oleh:   pada: 15 Mar 2012
Tags: ,

Kategori: Umum


Kesehatan bunda memegang peranan penting bagi aktifitas sehari-hari seluruh anggota keluarga. Tugas seorang bunda di rumah sangat banyak dan tidaklah mudah dijalani. Ada yang mengibaratkan jika tugas seorang bunda sudah dimulai sejak terbit matahari sampai terpejamnya mata suami. Begitu mulia tugas seorang ibu rumah tangga sehingga profesi ibu rumah tangga tidak bisa dianggap sebelah mata layaknya para wanita karir lainnya.

Ketergantungan keluarga terhadap peran Bunda sangat besar. Bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi bila Bunda jatuh sakit. Pasti seluruh isi rumah akan khawatir dan kalang-kabut. Tanpa mengurangi arti penting peranan seorang ayah atau kepala rumah tangga, kalau yang sakit adalah bunda kita akan jadi lebih perhatian. Mungkin di rumah sudah ada pembantu rumah tangga yang mengerjakan tugas masak, mencuci dan bersih-bersih. Namun tetap saja kondisinya akan berbeda bila terdapat seorang bunda yang mengatur lingkungan rumah.

Oleh karena itu, sudah seharusnya kita menyadari arti penting kesehatan bagi seorang bunda. Tugas bunda di rumah sangat banyak. Jika tidak dibekali pengetahuan kesehatan wanita yang tepat, keberadaan bunda akan menanggung berat yang berlebih dalam hidupnya. Secara umum, kesehatan bunda dapat dibagi menjadi dua, yaitu kesehatan fisik dan kesehatan mental. Kedua jenis kesehatan tersebut harus terpenuhi agar kehidupan seorang wanita berada dalam kesejahteraan keluarga.

Menjaga Kesehatan Fisik Bunda

Kesehatan fisik bunda adalah hal penting pertama yang harus diperhatikan. Kesehatan fisik menyangkut tindakan pencegahan penyakit, penanganan penyakit dan perawatan setelah sakit. Karena tugas bunda sangat berat, dari pagi sampai malam, maka bunda harus memiliki jam istirahat yang cukup. Bunda hendaknya bisa tidur 8 jam sehari, terpenuhinya nutrisi makanan yang lengkap dan jumlah seimbang, dan mengkonsumsi air minum minimal 6 gelas per hari.

Bagi Bunda yang masih berada dalam usia produktif dan mengalami menstruasi tiap bulan, maka Bunda perlu nutrisi tambahan yang dianjurkan untuk mencegah anemia. Misalnya mengkonsumsi pil penambah zat besi dan zinc. Makan sayur dan buah-buahan sangat disarankan untuk wanita agar tubuh selalu segar bugar di masa haid. Susu berprotein tinggi dan rendah lemak perlu dikonsumsi wanita agar tubuhnya sehat tanpa takut mengalami kegemukan badan.

Pada saat kondisi tubuh bunda sedang berada dalam titik lemah, sangat mungkin bunda akan terserang gejala-gejala penyakit. Misalnya batuk, pilek, demam, kepala pusing dan lain-lain. Menghadapi kondisi demikian, bunda jangan cepat panik dan buru-buru minum obat. Gejala-gejala tersebut muncul karena serangan virus. Minum obat tidak bisa membunuh perkembangan virus. Kekebalan tubuh (imunitas) adalah tameng melawan virus. Bunda perlu minum lebih banyak air dari biasanya, makan secara teratur dan beristirahat untuk memulihkan kesehatan tubuh.

Pentingnya Kesehatan Mental Bunda

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental bunda juga perlu diperhatikan. Kesehatan mental meliputi perlindungan hukum, jaminan keamanan tinggal di rumah, kasih sayang keluarga dan kebutuhan rekreatif. Tugas bunda dalam kehidupan rumah tangga tidak mudah dan menguras emosi. Oleh karena itu, terpenuhi dan terjaminnya kebutuhan mental bunda diperlukan agar semangat hidup tetap menyala dalam mendidik putra-putri mereka sebagai generasi bangsa.

Si kecil yang sedang tumbuh-kembang biasanya agak nakal dan hiperaktif. Hal ini bisa bikin stress seorang ibu muda. Belum lagi jika si kakak beranjak dewasa dan mulai bertanya ini itu mengenai perkembangan fisik dan sosial mereka. Beruntunglah jika suami tanggap dengan kondisi keluarga dan bersedia membangun komunikasi dengan bunda. Bunda sebaiknya menikmati proses perkembangan keluarga muda ini sekaligus sebagai sarana mempererat ikatan emosional antar anggota keluarga.

Bagaimana jika wanita menjadi korban dalam kasus kekerasan dalam rumah tangga? Pada sejumlah kasus kekerasan rumah dalam rumah tangga (KDRT) dengan wanita sebagai korban, seorang isteri dihadapkan pada pilihan sulit antara membela hak-hak pribadi sebagai wanita dan menjaga keutuhan rumah tangga. Diperlukan payung hukum yang kokoh agar suami dan isteri dapat menyelesaikan masalah ini. Komunikasi intensif antara suami dan isteri diharapkan mampu memecahkan berbagai permasalahan tanpa melalui jalur kekerasan.

Diperlukan kesadaran yang tinggi dalam berbagi tanggungjawab antara ayah dan bunda untuk menjalankan tugas keluarga. Kesehatan fisik dan mental bunda hendaknya diperhatikan dengan cermat sebagai kebutuhan utama membangun keluarga. Peribahasa mengatakan, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pada tubuh bunda yang sehat, kita bisa berharap banyak tentang nasib bangsa ini ke depannya. Bunda yang membentuk karakter anak, bunda juga yang memegang kendali arah kemajuan negara ini.

Inilah saatnya meningkatkan kesadaran kita untuk menghargai peran penting Bunda bagi kehidupan keluarga. Ayo dukung Bunda! Kesehatan Bunda, Kesehatan Kita Juga!

Artikel Terkait

Leave a Reply

NOV

11

FB Live Chat: Makanan Bergizi Untuk Daya Tahan Tubuh

https://www.facebook.com/Nutrisi.untuk.Bangsa

Selamat pagi, Sahabat Nutrisi.  Memasuki musim hujan, saatnya kita lebih sigap terhadap penyakit-pen…more

Lihat Semua Video
Lupa Password ? Register
GABUNG YUK
Stay connected