Itak Pohul-Pohul, Cita Rasa yang Tersembunyi

oleh:   pada: 24 Oct 2012
Tags:

Kategori: Jelajah Gizi


Dari namanya sih nyeremin, tapi tunggu dulu kawan….meskipun ia memiliki nama yang nyeremin tapi rasanya, uiiiihhhhhh maknyos….!!! Tampangnya juga gak nyerimin banget koq, intip sikit yuk…..

Nah, gak nyeremin banget kan??? ^_^

Mmmm, uniknya itak pohul-pohul ini hanya bisa ditemui pas upacara-upacara adat saja, setau saya seringnya sih pas acara nikahan, sedikit info itak pohul-pohul ini ada dua macam lho, satu seperti dalam foto (hasil kukusan) dan yang satunya lagi tanpa dikukus alias mentah tapi jangan salah rasanya tidak kalah dengan yang sudah dikukus ditambah lagi dengan kuah santannya, aduhai… tambah nyummmiiiii.

Kata ibu saya itak pohul-pohul dengan kuah santannya sering disajikan pada saat pengantin wanita tiba di rumah pengantin pria, konon katanya ketika mertua menyajikan itak pohul-pohul ini harapannya agar emosi jiwanya terkendali di rumah mertua atau yang dalam istilah bataknya “aso borgo tondi dohot badan”, borgo itu sendiri artinya adem/dingin sedingin kuah santan yang disajikan.

Gimana tertarik untuk mencoba? Nih, saya kasi resep, semoga berhasil.

Bahan-bahannya:

  • 300 gr tepung beras
  • 100 gr tepung pulut
  • 250 gr kelapa parut
  • ½ sdt garam
  • 200 gr gula aren, iris kasar
  • 250 ml santan (untuk kuah)

Cara Membuat :

Campurkan tepung beras, tepung pulut, kelapa parut, garam, dan irisan gula aren kemudian aduk sampai benar-benar merata, setelah itu kepal-kepal (pohul-pohul dalam bahasa bataknya) dengan tangan sehingga berbentuk seperti kepalan tangan. Kemudian kukus. Untuk itak pohul-puhul yang mentah, setelah dibentuk seperti kepalan tangan langsung disiram dengan santan yang dicampur dengan sedikit gula aren yang diiris halus.

Selain nama dan kegunaannya yang unik, ternyata itak pohul-pohul ini mengandung gizi yang cukup banyak loh seperti karbohidrat, protein, vit B1, B2, B3, B6, zat besi, kalsium, lemak omega 3, dan serat. Luar biasa bukan? Dan yang lebih asyiknya lagi itak pohul-pohul ini disantap beramai-ramai jadi tambah berasa kekeluargaannya. Cobain deh!!!

#Yuk….Jelazah Gizi, Nutrisi untuk Bangsa

Karena Indonesia BISA!!!!

Sumber foto : http://inongi.multiply.com/journal/item/14/PENGEN-MAKAN-LAPET-POHUL-POHUL.

http://nutrisiuntukbangsa.org/jelajah-gizi/.

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

NOV

11

FB Live Chat: Makanan Bergizi Untuk Daya Tahan Tubuh

https://www.facebook.com/Nutrisi.untuk.Bangsa

Selamat pagi, Sahabat Nutrisi.  Memasuki musim hujan, saatnya kita lebih sigap terhadap penyakit-pen…more

Lihat Semua Video
Lupa Password ? Register
GABUNG YUK
Stay connected