Enting-Enting Gepuk, Cemilan Khas Salatiga

oleh:   pada: 24 Oct 2012
Tags: , ,

Kategori: Jelajah Gizi


Enting-enting gepuk merupakan makanan ringan yang terbuat dari kacang tanah, gula pasir, air, dan essens. Bentuk prisma segitiga sama kaki dan dibungkus dengan kertas merupakan ciri khas oleh-oleh asal Salatiga ini. Rasanya manis gurih renyah dan rasa khas kacang tanah sangat terasa. Dinamakan gepuk karena memang proses pembuatannya dengan cara digepuk sampai halus dan semua bahan tercampur jadi satu. Enting-enting gepuk dibuat tanpa bahan pengawet dan pewarna. Enting-enting gepuk mudah didapatkan tak hanya di Salatiga, tetapi juga di toko-toko di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Enting-enting gepuk dapat bertahan hingga 6 bulan.

Enting-enting gepuk terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan kulit dan lapisan isi. Lapisan kulit lebih keras, renyah, dan terasa manis karena lebih banyak mengandung gula. Sedangkan bagian isinya, hanya berisi kacang tanah yang ditumbuk halus. Proses pembuatan enting-enting gepuk dimulai dengan menggepuk-gepuk (memukul) bahan dasar enting-enting hingga menjadi lemas atau hancur (cara tradisional). Ada juga dengan menggunakan blender untuk menghancurkan kacangnya. Setelah itu dilakukan proses pencetakan dengan cetakan yang berbentuk prisma segitiga sama sisi, dibungkus dengan kertas khusus lalu dikemas ke dalam plastik.

Kacang tanah sebagai bahan utama untuk membuat enting-enting gepuk, mengandung lemak, protein, zat besi, kalsium, fosforus, vitamin E, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin K, lesitin, kolin, omega 3, dan omega 9. Kandungan protein kacang tanah jauh lebih tinggi dibandingkan dengan daging, telur, dan kacang soya. Kacang tanah juga dapat mencegah penyakit jantung, penurun tekanan darah tinggi, dan kandungan kolestrol dalam darah. Namun bagi penderita kanker payudara dan orang yang mempunyai masalah dengan jerawat disarankan untuk berhenti mengonsumsi kacang tanah.

Gula pasir yang digunakan untuk membuat enting-enting gepuk merupakan sumber energi yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Gula sangat bermanfaat bagi tubuh namun tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Gula dapat menenangkan jiwa dan dapat merangsang rasa kantuk. Mengonsumsi gula harus diimbangi dengan aktivitas yang memadai agar tidak terjangkit obesitas. Selain itu, mengonsumsi gula yang berlebihan juga dilarang bagi penderita penyakit diabetes mellitus, penyakit jantung, batu empedu, dan glucose intolerance.

Saat ini, enting-enting gepuk memiliki beberapa varian rasa. Ada enting-enting gepuk rasa durian, jeruk, cokelat, dan jahe. Ada pula enting-enting gepuk yang menggunakan gula merah, sehingga rasanya tidak terlalu manis seperti menggunakan gula pasir. Ada juga varian lain yang menggunakan bahan tambahan berupa wijen dan ampas kelapa.

 

Artikel Terkait

2 Responses to “Enting-Enting Gepuk, Cemilan Khas Salatiga”

  1. aldi says:

    makasih udah bantu

Leave a Reply

NOV

11

FB Live Chat: Makanan Bergizi Untuk Daya Tahan Tubuh

https://www.facebook.com/Nutrisi.untuk.Bangsa

Selamat pagi, Sahabat Nutrisi.  Memasuki musim hujan, saatnya kita lebih sigap terhadap penyakit-pen…more

Lihat Semua Video
Lupa Password ? Register
GABUNG YUK
Stay connected