Coto Makassar

oleh:   pada: 25 Sep 2012
Tags:

Kategori: Jelajah Gizi


Halo capo-capo.
Aga kareba ?
baji baji ji pasti semua na toh?

Oh iya. kali ini gw mau bahas mengenai kuliner Makassar yang terkenaaaaaaal banget.
Apa coba ? hayoo.
Yup, its about Coto Makassar.

What ? gak tau Coto Makassar itu apa?
aduh. susah juga ya jelasinnya :s

“ketika kita tidak bisa menjawab dengan kata-kata. gambar dapat mewakili jawaban tersebut”
ce ilehh. sok bijak.
ini nih penampakan dari makanan terlezat se-Sulawesi Selatan

(Sumber gambar : blogerbugis.blogspot.com)  
Coto Makassar itu makanan yang enak. Pokoknya kalo belum pernah makan, harus coba deh. dijamin bakal ketagihan >< Nah, pertanyaan bagi yang sudah pernah nyicip, tau asal mula munculnya Coto Makassar? aduh, malu nih sama orang-orang bugis kalo gak tau. Biar clear saya jelasin saja deh

 

Nah, awal mula Coto makassar itu pertama kali dihidangkan di kalangan istana Kerajaan Gowa. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menikmati sajian ini. Sekarang mah semua orang juga bisa makan makanan lezat ini. Coto makassar ini diduga telah ada sejak jaman Sombu Opu (pusat dari Kerajaan Gowa), kira-kira tahun 1538 lah hingga sampai saat ini makanan ini terus berjaya di daerah Makassar. Lihat saja deh warung-warung yang ada di pinggir jalan daerah Makassar, pasti rata-rata pada jual Coto Makassar. Sajian Coto Makassar diduga terpengaruh pula oleh makanan cina yang telah datang di abad 16, ini terlihat dari sambal yang digunakan yakni sambal tao-co merupakan bagian dari ketata bogaan Cina yang mempengaruhi budaya ketata bogaan Makassar.

 

Coto Makassar dalam aliran modern digolongkan sebagai hidangan sup. Lha ? Gak kenyang dong kalo cuma makan sup doang. Nah, untuk pelengkap biasanya Coto Makassar disajikan bersamagan ketupat atau burasa biasa juga nasi sih. tapi gak afdol rasanya kalo gak makan pake ketupat/burasa. 

Kalo Crustry Crab punya bumbu resep rahasia untuk membuat Krabby Patty, Naaah! Coto Makassar juga punya resep rahasia bumbunya. Keenakan menikmati coto makassar tak terlepas pula dari tradisi peramuaanya yang secara khusus diolah dalam kuali tanah yang disebut: korong butta atau uring butta dan dengan rampah patang pulo (40 macam rempah) yang terdiri dari kacang, kemiri, cengkeh, pala, foeli,sere yang ditumbuk halus, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar merah, ketumbar putih, jahe, laos, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, daun seldri, daun prei, lombok merah, lombok hijau, gula talla, asam, kayu manis, garam, papaya muda untuk melembutkan daging, dan kapur untuk membersihkan jerohan.

Khasnya rasa dari kentalnya coto Makassar dari ramuan rempah-rempah yang 100% alami berfungsi sebagai penawar zat kolesterol yang terdapat dalam hati, babat, jantung, limpah dsb. Rasa khas inilah yang menurut dugaan bahwa keberadaan soto babat dari Madura, soto Tegal, soto Betawi, terinspirasi dari Coto Makassar karena dahulu dibawa oleh para pelaut kedaerah tempa tsoto yang lain berada sehingga diduga bahwa coto Makassar itu “lebih tua” dari pada soto di persada Nusantara ini.Mengenai kandungan gizi yang terdapat dalam Coto Makassar tentu sangat bergizi. Tuh, uktinya bumbu sopnya saja sampai berkhasiat sebagai penawar kolestrol. benar2 mantap gan !!

Resepnya ini nih :

Bahan

  • 300 gram jerohan sapi, rebus
  • 300 gram daging sapi
  • 5 cm kayu manis
  • 2 liter air cucian beras yang terakhir
  • 3 sdm minyak, untuk menumis
  • 8 butir bawang merah, iris tipis

Haluskan

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ½ sdt merica butir
  • 1 sdm ketumbar sangrai
  • ½ sdt jintan
  • 3 cm jahe
  • 5 cm lengkuas
  • 50 gram kacang tanah, sangrai, buang kulit arinya.
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 sdm tauco
  • 1 sdm irisan gula merah

Pelengkap

  • Buras/lontong secukupnya, potong-potong
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 3 sdm bawang goreng
  • 3 buah jeruk nipis, belah-belah
  • Sambal tauco

Cara membuat

  1. Masukkan daging sapi, jerohan, kayu manis, dan garam ke dalam
    panci yang berisi air cucian beras. Masak sampai dagign setengah
    matang. Kecilkan apinya.
  2. Tumis bawang merah sampai harum, masukkan bumbu halus, serai,
    dan tauco. Tumis sampai harum dan matang. Masukkan tumisan bumbu
    ke dalam rebusan daging. Tambahkan gula merah, masak sampai
    daging, jerohan empuk dan matang.
  3. Angkat daging dan jerohan sapi, lalu potong-potong. Masukkan
    kembali kedalam kuah. Sajikan coto dengan pelengkap dan sambal
    tauco.
Kalo bicara mengenai harga. ya tergantung belinya di mana dulu. kalo di warung-warung pinggir jalan biasanya sekitar Rp.7.000,- per mangkuk. Tapiiiii kalo makannya di tempat2 elit seperti di Coto Gagak, Coto Dewi, Coto Paraikatte, Coto Latimojong, Coto Sultan Alauddin, Coto Nusantara dll, harganya bisa sampai Rp.20.000,- ya harganya sesuai standartnya kok.

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidakhanya di Makassar aja , di Bandung pun ada dan Jakarta, nihh alamatnya.Sop Konro Marannu terletak di Jl. R.E. Martadinata (Riau) No. 62, Bandung. Dekat dengan patung tunas kelapa, seberang Restoran Padang Sederhana, tepat di sebelah Circle-K. Dan Resto Coto Makassar Jl. Soekarno Hatta, Bandung. Dan RM Marannu dan RM Karebosidi Jl Boulevard Kelapa Gading, Jakarta. Coto Makassar 135 Jl. Senen Raya, dekat Stasiun Senen, Jakarta.

 
Yang belum pernah coba, wajib coba yak :D
nih. pak president saja udah nyoba. masa kamu belum ?
SBY dan Ibu negara menyantap Coto Makassar
 
 Umm. kalo misalnya di kota kamu gak ada yang jual Coto Makassar. jangan bersedih hati. saya punya solusinya. Karena Coto Makassar sangat terkenal kelezatannya, maka dari itu ada Mie Instant rasa Coto Makassar. yah. walaupun gak seenak aslinya. tapi cukuplah buat melukiskan perasaan menikmati sedapnya Coto Makassar

 

 
 
Ikutan eksplor makanan khas daerahmu juga yuk!
 

Artikel Terkait

One Response to “Coto Makassar”

  1. Nutrisi Bangsa says:

    Itu, adalah tempat yang wajib dikunjungi kalau admin ke Makassar… Aduh… jadi lapar :D. Oiya, jangan lupa share di FB dan Twitter kamu ya.. Biar tambah banyak yang tahu nih tempat Coto yang oke

Leave a Reply

JUL

17

Buka Puasa Bersama Sarihusada

The Cone, Fx Plaza, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta.

Dalam rangka mempererat hubungan Sarihusada dengan mitra media dan blogger guna melanjutkan program u…more

No matching videos
Lupa Password ?Register
GABUNG YUK
Stay connected