Citra Makanan Khas Daerah Sambas

oleh:   pada: 30 Apr 2013
Tags: , ,

Kategori: Jelajah Gizi


 

Menu bubur pedas sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga penduduk Kalimantan Barat. Makanan khas daerah pesisir Sambas ini mengandung serat dan protein yang sangat tinggi. Terlihat dari campurannya yang hanya terdiri dari beras yang sudah di sangrai kemudian di haluskan, berbagai macam sayur, kacang tanah, dan tetelan sebagai penambah nikmat. Bagi para pecinta sayuran menu ini sangat dianjurkan, apalagi untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Ada yang bercerita bubur pedas ini awalnya adalah makanan khas kerajaan Sambas. Namun, saat ini bubur pedas bukanlah makanan kerajaan lagi, bubur pedas bisa dengan mudah kita temui di kedai kedai kecil. Tidak hanya didaerah Sambas, bubur pedas sudah meluas ke daerah daerah sekitar juga. 

 

Keunikan dari makanan khas daerah ini terletak pada namanya, Bubur Pedas.Tapi jangan salah ya, bubur yang satu ini rasanya tidak pedas loh, itu hanya nama saja. Kata Pedas sendiri di ambil dari bahasa Sambas yang menunjukan bahwa bubur ini terdiri berbagai macam sayuran.

 

Yuk, kita intip cara membuat bubur pedas….

Pertama tama siapkan dulu bahannya, beras di sangrai, kelapa tua yang disangrai, merica hitam, ketumbar, siung bawang putih, 5 btr bawang merah, kemudian bahan bahan ini dihaluskan. Tambahkan juga jinten, adas manis, cabai merah, diiris, air secukupnya untuk membuat bubur, daging. Untuk sayurnya sendiri kita bisa menambaha apa saja, tapi ada juga sayuran yang disarankan supaya rasnaya lebih sedap, yaitu   kangkung, kacang panjang, tauge,

kacang tanah kapri, pakis, mangkok rebong, oyong, daun kunyit, ubi merah, kol, tahu putih, jamur merang, mentega untuk menumis.

Pertama kita buat dulu buburnya, lalu tumis bumbunya. Gabungkan bumbu dengan bubur yang sudah jadi lalu masukan sayuran dan tunggu hingga layu. Jadi deh… Disantap selagi panas ditambah dengan kecap dan cabe rawit lebih mantap. Biasanya bujang dare Pontianak juga menambahkan teri dan kacang goreng supaya lebih kriuk.

 

 

Meskipun saat ini makanan fast food sudah merajalela, namun untuk bubur yang satu ini tidak pernah tergeser popularitasnya. Alasannya selain enak, sehat, dan mudah dibuat, harga bubur pedas juga tidak terlalu mahal. 

 

 

Sumber gambar : www.google.com

Artikel Terkait

Leave a Reply

JUL

17

Buka Puasa Bersama Sarihusada

The Cone, Fx Plaza, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta.

Dalam rangka mempererat hubungan Sarihusada dengan mitra media dan blogger guna melanjutkan program u…more

Lupa Password ?Register
GABUNG YUK
Stay connected