Abon Gulung Manokwari, Rasanya Nendang di Lidah

oleh:   pada: 14 Oct 2012
Tags:

Kategori: Jelajah Gizi


 

Kotak Abon Gulung Manokwari

 

Salam Jelajah Gizi,

Kuliner khas nusantara kita kali ini datang dari Manokwari, sebuah kota di Provinsi Papua Barat yang letaknya tepat di Kepala Burung pulau Papua. Kota ini tidak terlalu luas seperti kota-kota besar lainnya yang ada di Pulau Jawa. Namun meskipun begitu, Manokwari memiliki banyak sekali keunikan-keunikan yang mungkin saja tidak akan kita jumpai di kota-kota lain. Letak kota ini sangat dekat dengan laut tetapi posisinya pun berada didaerah perbukitan sehingga bisa kita bayangkan bagaimana keindahan panorama alam yang ada disana ? Hehehe…

Selain menawarkan panorama alam yang sangat indah bagi para pengunjung yang datang, Manokwari juga punya loh oleh-oleh khas yang bisa kita bawa pulang jika kita berkunjung kesana. Khusus bagi teman-teman pecinta kuliner, abon gulung khas manokwari jangan sampai terlewatkan. Makanan berbentuk gulungan roti yang ditaburi dengan campuran abon berbagai macam rasa ini merupakan salah satu kuliner makanan khas yang ada di Manokwari. Selain memberikan sensasi rasa yang nendang dilidah, akan sangat rugi jika kita sampai tidak mencobanya saat kita kesana. Pasalnya makanan yang satu ini tidak sama seperti makanan khas lainnya yang dapat kita temui dibanyak tempat. Abon gulung ini cuma ada di Manokwari dan tidak akan pernah kita jumpai dijual ditempat manapun. Gak percaya kan? Tapi emang begitu kenyataannya  :-D

Dibaca tulisannya

 

Menurut beberapa teman saya nih yang kebetulan asli dari sana, abon gulung ini sebenarnya belum terlalu lama hadir di Manokwari sebagai oleh-oleh khas bagi para pendatang yang mampir kesana. Makanan produksi Hawai Bakery ini sejatinya baru mulai ada di Ibu kota provinsi Papua Barat itu dalam kurun waktu satu dekade belakangan ini. Namun jangan salah meskipun usianya yang masih belum terlalu lama, abon gulung ini sudah cukup terkenal bahkan permintaan orderannya sudah sampai ke luar Pulau Papua.

Makanan ini bentuknya bulat dan agak memanjang, ya namanya saja digulung pastilah ya hehehe.. Jika teman-teman pernah memakan risoles atau sejenisnya, abon gulung ini bentuknya mirip seperti itu. Ukurannya pun lumayan gede loh, jika teman-teman baru hanya melihat bentuknya dari gambar yang ada disini, jangan kaget kalau suatu saat nanti bertemu dengan abon gulung Manokwari yang asli  :-D

 

Karena ukurannya itu, tidak heran jika kita akan langsung kekenyangan meskipun baru menyantap 2-3 gulungan saja. Rasanya pun bervariasi, mulai dari rasa daging sapi, ayam, coklat, hingga keju pun ada.  Lelehan-lelehan coklat didalam gulungan roti abon pun menambah rasa gurih saat kita memakannya. Yang pasti lezat dan bikin kita pengen nambah.  

“]

Abon Gulung Manokwari (Sumber Google)

Bagi teman-teman yang belum pernah nyoba sepertinya harus mulai mikir-mikir lagi deh bagaimana cara agar bisa mendapatkan roti abon ini  ;-)

Karena selain enak dimulut, kandungan gizi didalam roti abon ini juga sangat baik loh buat tubuh kita. Misalnya campuran abon yang berbahan dasar daging sapi ini, mempunyai kadar protein 18gr, lemak 10,6gr, karbohidrat 59.3gr, kalsium 150mg, fosfor 209mg dan berbagai macam jenis vitamin di setiap 100gram abon sapi. Belum lagi ditambah dengan kandungan gizi ditiap campuran abon jenis lain. Roti yang terbuat dari tepung juga mempunyai kadar karbohidrat yang sangat baik untuk memberikan tenaga dan kekebalan untuk tubuh kita.[Sumber Info-Sehat.com].

“]

Lagi, Abon Gulung Manokwari (Sumber blogdetik.com)

 

Sangat bermanfaat kan? Nah, jika dalam waktu dekat ada teman-teman yang berkesempatan berkunjung kesana, alamat pembuatan abon gulung ini berpusat di Jalan.Jendral Sudirman no.100 Manokwari. Tapi bagi mereka yang mungkin hanya bisa singgah/transit di Manokwari dengan menggunakan Pesawat Udara, di Bandara Rendani (Nama Bandara di Manokwari) terdapat cabang khusus yang dibuka Hawai Bakery bagi mereka yang ingin mendapatkan abong gulung tapi tidak mempunyai waktu lebih untuk mengunjungi pabrik pembuatannya di Jalan.Jendral Surdirman no.100 Manokwari.

Untuk urusan harga dijamin terjangkau, seporsi abon gulung yang isinya terdapat 3 gulungan roti abon hanya dihargai 10ribu rupiah. Gimana, murah kan? Mengenyangkan dan juga menyehatkan loh hehehe.. Tapi biasanya bagi kebanyakan orang yang berkunjung kesana dan ingin menjadikan abon gulung sebagai oleh-oleh, mereka membelinya per box yang didalamnya terdapat kurang lebih 10 gulungan roti abon. Harganya bisa agak murah dibanding dengan kita membeli per porsi.

Trus bagaimana dong jika belum sempat kesana? Tenang, ini saya kasih nomer teleponnya biar bisa langsung di order. Paling teman-teman yang berminat hanya perlu mengeluarkan biaya lebih diluar harga abon gulung untung ongkir (ongkos kirim) barang hehehe… Soal kualitas rasa saya jamin deh gak bakalan nyesal teman-teman nyobain abon gulung ini.

Disajikan di piring makan (Sumber Google)

Yang mau order bisa langsung kontak ke nomer telepon (o986) 232389. Itu nomer telepon untuk pusat pabrik pembuatan abon gulung yang ada di Jalan.Jendral Sudirman no.100 Manokwari. Jadi tunggu apalagi ?  :-D

Mungkin itu saja cerita singkat saya mengenai abon gulung Manokwari, satu dari sekian banyak makanan/kuliner khas daerah yang ada di nusantara.

Semoga dengan adanya tulisan-tulisan mengenai berbagai macam kuliner daerah di nusantara, kita dapat lebih banyak mengenal seluruh kuliner yang ada di Indonesia, tentunya dengan kandungan gizi yang terdapat didalamnya bukan ?

Sekian, Salam Jelajah Gizi untuk kita semua.

Banner Lomba Jelajah GIzi

 

Artikel Terkait

9 Responses to “Abon Gulung Manokwari, Rasanya Nendang di Lidah”

  1. Nutrisi Bangsa says:

    Adudu…. sarapan… mana sarapan… Enak sekali kelihatannya kak… :D

  2. Rikardo Kaway says:

    lebih dari satu maksunya hahaha:D

  3. Rikardo Kaway says:

    *maksudnya (salah mulu deh) :D

  4. farida says:

    Bisa dikirim ga??? Masa harus kesana dulu bwt mencicipi abon gulung nya..

  5. melati says:

    Di bread talk ada kok yg kaya abon gulung. Malah menurut saya enakan yg di bread talk dari pada abon gulung asli

Leave a Reply


2 × = 8

 

JUL

17

Buka Puasa Bersama Sarihusada

The Cone, Fx Plaza, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta.

Dalam rangka mempererat hubungan Sarihusada dengan mitra media dan blogger guna melanjutkan program u…more

Lupa Password ?Register
GABUNG YUK
Stay connected